Bolehkah Kista Diurut? Ini Dia Penjelasannya

0
44

Seputarherbal.com – Bolehkah Kista Diurut?  Mungkin ini merupakan salah satu pertanyaan yang ingin Anda ketahui jawabannya. Kista sendiri merupakan  benjolan atau kantung berisi cairan yang terdapat di bawah kulit atau organ manusia. Kista juga bisa berisi udara, atau zat padat seperti rambut. Benjolan akibat kista dapat tumbuh di bagian tubuh mana pun, dan disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti infeksi, radang, hingga genetik (turunan).

Perlu Anda ketahui, bahwa untuk menangani kista, sebaiknya tidak dilakukan dengan cara diurut. Hal ini disebabkan karena, apabila kista diurut, maka kista bisa pecah dan menimbulkan masalah yang lebih serius. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara penanganan kista agar tidak salah dalam melakukan tindakan.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai penanganan kista, ada baiknya jika Anda mengetahui gejala dan penyebab terjadinya kista, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Gejala Kista

Gejala utama penyebab munculnya kista adalah adanya benjolan yang tumbuh pada bagian tubuh tertentu, yang letaknya tergantung pada jenis kista yang dialami. Benjolan ini dapat tumbuh di bagian wajah, dada, leher, punggung, telapak tangan, telapak kaki, hingga kulit kepala.

Selain itu, ukuran dari benjolan tersebut pun bervariasi, dan dapat menimbulkan gejala berikut :

  • Kemerahan di sekitar kulit atau kista.
  • Adanya infeksi yang memicu timbulnya rasa nyeri pada kista.
  • Keluar darah atau nanah yang disertai dengan bau tidak sedap dari benjolan.
  • Kaku atau kesemutan, terutama pada bagian tubuh yang ada kista.
  • Pusing.
  • Demam.
  • Mual dan muntah.

Penyebab Kista

Penyebab kista sebenarnya dapat diketahui berdasarkan jenisnya. Kista dapat terbentuk akibat penyumbatan, infeksi, radang yang terjadi dalam jangka panjang, atau akibat adanya panyakit turunan.

Penanganan Kista

Sebenarnya, kista dapat hilang dengan sendirinya tanpa melakukan penanganan khusus. Selain itu, penderita kista juga dapat melakukan perawatan sederhana guna mempercepat proses penyambuhan kista. Diantaranya adalah dengan mengompres kista menggunakan kompres hangat, dan senantiasa tidak memecahkan atau memencet kista, sebab dapat menyebabkan terjadinya infeksi.

Baca Juga : Harga Obat Herbal Kista: Yang Teregistrasi BPOM & Teruji

Apabila kista tidak kunjung hilang, maka jangan ragu untuk mengunjungi dokter agar Anda mendapat penanganan yang tepat. Metode yang dapat dokter lakukan untuk mengobati kista antara lain :

  • Menyuntikan kortikosteroid, untuk mengurangi peradangan pada kista.
  • Menusuk kista dengan jarum dan melakukan penyedotan atau aspirasi, guna mengeluarkan cairan di dalam kista.
  • Apabila kedua cara di atas masih belum berhasil, maka akan dilakukan operasi pengangkatan kista.

https://seputarherbal.com/bolehkah-kista-diurut/