Berikut cara mengecilkan miom saat hamil !

0
54
cara mengecilkan miom saat hamil

Miom ialah benjolan berisi otot atau  jaringan yang membentuk pusaran mirip seperti konde. Kebanyakan miom menyerang wanita pada usia produktif, tapi tidak menutup kemungkin juga menyerang diluar usia tersebut. Pastinya banyak pertanyaan yang muncul Ketika miom diderita wanita yang sedang hamil. Apakah berbahaya bagi janin? dan bagaimana cara mengecilkan miom saat hamil? berikut ulasannya.

Sebelum mencari cara mengecilkan miom saat hamil ada baiknya kita ketahui penyebabnya. Pemicu utama miom Ketika hamil belum dipastikan, namun ada beberapa faktor yang diduga berpengaruh akan tumbuhnya kista. Berikut beberapa faktor tumbuhnya miom pada wanita hamil :

  • Hormon

Ada 2 hormon yang diproduksi ovarium, yaitu estrogen dan progesteron.  Hormon estrogen dan progesteron dapat menyebabkan lapisan dinding rahim beregenerasi setiap menstruasi, sehingga dapat merangsang tumbuhnya miom jika darah tidak keluar semua. Sedangkan ketika hamil kedua hormon ini terjadi peningkatan, sehingga memperbesar peluang tumbuhnya miom.

  • Riwayat keluarga

Miom juga dapat diturunkan dari generasi sebelumnya. Misalnya pada seseorang yang memiliki ibu, nenek atau saudara perempuan yang mengalami. Maka risiko terkena miom juga menjadi lebih besar.

Biasanya kebanykan kasus, miom sudah tumbuh sebelum seorang wanita tersebut hamil. Gejala biasanya sudah dirasakan sebelum hamil, misalnya nyeri ketika haid dan pendarahan yang berlebih ketika haid. Tak jarang juga hingga mengakibatkan lemas dan juga anemia. Lalu bagaimana gejala yang dirasakan pada wanita hamil? Berikut gejalanya :

Flek

Gejala ini yang biasanya membuat banyak wanita khawatir. Awalnya mungkin tidak terlalu dihiraukan namun jika hamil dengan miom sering flek dan lemas perlu dikonsultasikan pada bidan atau dokter kandungan.

Ada rasa tekanan pada daerah panggul

Pada ukuran miom yang sudah cukup besar biasanya terasa nyeri pada daerah panggul. Selain karena pertumbuhan janin, miom juga dapat menimbulkan rasa tekanan pada panggul. Hal ini semakin membuat wanita hamil tidak nyaman ketika beraktivitas. Meski rasa nyeri tersebut datang tiba-tiba dan akan kembali menghilang, tetap membuat beberapa penderitanya terganggu.

mengobati miom tanpa operasi !

Terjadi masalah kandung kemih

Tak hanya kejadian saat hamil dengan miom sering flek, juga berpanguh pada perkemihannya. Pada wanita yang usia kandungannya sudah memasuki trimester 2 pasti banyak yang mengeluh sering buang air kecil. Sering buang air kecil ketika hamil merupakan hal yang normal. Namun, hati-hati jika sering berkemih karena miom sebaiknya Anda konsultasikan. Karena pada miom yang sudah membesar dapat menekan kandung kemih, sehingga menimbulkan rasa ingin kecing.

Sembelit

Selain Sering berkemih, miom yang besar juga dapat menekan organ pencernaan sehingga BAB terganggu. Meski menkonsumsi makanan yang mengandung serat, biasanya tidak berpenaruh banyak dalam mengatasi sembelit. Jika hal ini dibiarkan dengan dalam jangka waktu cukup lama dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh.

Jika gejala diatas sudah cukup menganggu ada baiknya segera konsultasikan pada dokter. Konsultasi dilakukan untuk mendapat penanganan yang tepat. Karena ukuran dan letak kista sangat mempengaruhi cara mengecilkan miom saat hamil.

Sebelumnya dokter akan melakukan pemeriksaan pada panggul dan USG, untuk memastikan diagnosis. Langkah awal yang biasanya dilakukan dokter adalah menyarankan wanita hamil untuk istirahat total. Untuk terapi dirumah juga bisa sambil melakukan kompres es jika timbul nyeri. Salah satu cara mengecilkan miom saat hamil yaitu dengan konsumsi buah dan sayur. misalnya bok choy, brokoli, kubis, sawi, lobak dan selada air.

cara mengecilkan miom saat hamil

Melakukan kontrol kehamilan secara berkala juga sangat disarankan, untuk memantau kehamilan. Sangat jarang ditemui miom yang menganggu janin. Kecuali jika letaknya menutup jalan lahir biasanya akan disarankan untuk cesar ketika melahirkan. Tak sedikit juga miom yang ikut keluar ketika proses persalinan. Jadi jangan terlalu khawatir jika terdapat miom ketika hamil. Cukup perhatikan pola istirahat, makanan sehat dan juga mengelola stress dengan baik.

Baca Juga:

Kenali Pemicu Miom !