Makanan Ini Memicu Timbulnya Asam Urat

0
35

Seputaherbal.com – Gout atau yang lebih dikenal dengan asam urat adalah sejenis penyakit yang menyerang sendi. Hal ini disebabkan karena menumpuknya kristal asam urat di sekitar area sendi. Asam urat apabila dibiarkan akan berakibat fatal karena bisa memicu terjadinya komplikasi. Selain itu, asam urat bisa muncul akibat makanan lho! Berikut makanan penyebab munculnya asam urat yang perlu anda ketahui.

Baca Juga : Untuk Menghindari Asam Urat Makanan Apa Saja Pantangannya? (Jual Obat Asam Urat)

  • Kafein

Dalam suatu penelitian, ditemukan fakta bahwa kafein dapat menurunkan resiko terkenanya asam urat. Namun, ada sejumlah penelitian lain yang bertentangan dengan penelitian sebelumnya. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat meningkatkan resiko terkenanya asam urat. Jadi lebih baik, anda penggemar minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, sebaiknya anda harus mengurangi konsumsi minuman tersebut agar terhindar dari asam urat.

  • Jeroan

Jeroan diketahui memiliki banyak kandungan purin. Hal ini dapat memicu naiknya kadar asam urat dalam darah. Mulai saat ini anda yang khususnya memiliki asam urat sebaiknya membantasi konsumsi jeroan. Selain jeroan yag harus anda hindari adalah ikan tuna, ikan sarden, daging merah, ikan makarel, kerang-kerangan dam makanan lain yang tinggi protein.

  • Minuman Manis dan Bersoda

Minuman manis tentunya dapat meningkatkan resiko diabetes. Selain itu, mengkonsumsi minuman manis atau bersoda juga dapat menaikkan kadar asam urat. Minuman manis dan bersoda mengandung banyak fruktosa sehingga mengakibatkan naiknya kadar asam urat seseorang.

  • Sayur Hijau Tinggi Purin

Makanan yang mengandung zat purin tinggi sangatlah tidakcocok untuk dikonsumsi penderita asam urat. Sayuran hijau seperti bayam, kembang kol dan asparagus diketahui memilliki kandungan zat purin yang lebih tinggi dari sayur lainnya. Maka dari itu sebaiknya anda tidak mengkonsumsi sayuran tersebut secara berlebihan, apalagi jika anda menderita asam urat tinggi.

  • Minuman beralkohol

Perlu anda ketahui bahwa dampak buruk alkohol juga menyebabkan tingginya resiko seseorang terkena asam urat. Saat anda mengkonsumsi alkohol, maka ginjal anda akan lebih fokus untuk mengeluarkan alkohol daripada zat purin. Akibatnya zat ini akan menumpuk dalam darah dan memicu terbentuknya kristal-kristal asam urat.

https://lingshenyao.id/cara-mengobati-kista/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here