Home Kesehatan Cara Mengatasi Bentol pada Kulit Bayi

Cara Mengatasi Bentol pada Kulit Bayi

0
16

Seputarherbal.com – Bentol Berair pada Kulit Bayi. Benjolan kemerahan atau bentol pada bayi dapat disebabkan akibat bayi menggaruk area kulit tertentu secara terus menerus dalam waktu yang cukup lama. Hal ini tentunya tidak bisa dibiarkan secara terus menerus, sebab dapat menyebabkan kulit bayi yang sensitif menjadi iritasi. Maka dari itu, penting bagi para Ibu untuk dapat mengatasi bentol pada kulit bayi.

Gatal-gatal pada bayi yang menyebabkan munculnya bentol-bentol dapat dipicu oleh beberapa hal, seperti alergi, faktor cuaca atau gigitan serangga. Sebenarnya kondisi ini tidak memerlukan pengobatan khusus, dan gejalanya akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa jam atau hari.

Namun, apabila bentol yang muncul merupakan bentol berair, maka kemungkinan si kecil mengalami impetigo. Impetigo merupakan infeksi bakteri yang terjadi pada lapisan kulit terluar (epidermis). Bakteri yang menyebabkan kondisi ini adalah jenis Stretococcus dan Staphylococcus yang sering kali masuk ke dalam pori-pori kulit. Impetigo merupakan kondisi yang rentan terjadi pada anak-anak. Namun, orang dewasa yang memiliki jenis kulit sensitif juga bisa mengalami kondisi ini.

Gejala impetigo diantaranya adalah, muncul titik merah yang melepuh dan terasa gatal. Apabila di garuk atau di gesek terlalu keras, maka akan pecah dan mengeluarkan air dan apabila cairan tersebut mengenai bagian kulit lainnya, maka akan menular.

Untuk mengatasi bentol berair pada kulit bayi dan menghentikan penyebaran infeksi, biasanya dokter akan memberikan salep antibiotik ataupun obat antibiotik yang diminum. Kemudian kondisi ini akan sembuh dalam waktu dua minggu.

Selain itu, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bentol pada anak :

  • Dinginkan Kulit Bayi

Jika bentol di kulit bayi terdapat pada area yang tertutupi oleh pakaian, maka sebaiknya Anda melepas atau mengendurkan pakaian anak. Selain itu, jika Anda sedang berada di dalam ruangan panas atau di luar ruangan, sebaiknya masuk ke dalam ruangan yang sejuk dengan menyalakan AC atau kipas angin. Anda juga dapat mengipas-ngipas tubuh si kecil dengan kipas tangan. Setelah tubuh bayi dingin, Anda dapat memandikan si kecil. Hal ini bertujuan untuk membersihkan tubuh bayi dari keringat, minyak, dan debu yang menyebabkan kulit bayi gatal. Anda juga dapat mengompres tubuh bayi yanng terdapat bentol dengan menggunakan kain basah.

Baca Juga : Berbagai Tips Merawat Bayi Untuk Pemula

  • Keringkan Kulit Bayi

Setelah Anda memandikan atau mengompres bayi, maka biarkan kulit bayi kering dengan sendirinya daripada menggunakan handuk. Anda juga dapat mengeringkan kulit bayi dengan menggunakan kipas angin atau kipas tangan, tetapi jangan terlalu lama.

  • Gunakan Krim atau Lotion

Jika bayi Anda menangis ketika bentol di kulitnya disentuh dan bentolnya terlihat sangat gatal, sebaiknya oleskan krim atau lotion yang mengandung calamine pada kulit bayi. Namun, pastikan jika krim atau lotion ini tidak mengenai area mata si kecil.

Hilangkan 5 Gejala Kista Coklat, OBAT HERBAL