Benjolan keras di bawah dagu

0
146
benjolan keras di bawah dagu

Timbulnya benjolan dibagian tubuh tentunya membuat seseorang sedikit khawatir dengan adanya tumor atau penyakit lainnya. Benjolan keras di bawah dagu memang sangat jarang ditemui, namun apabila muncul  apakah berbahaya? Sebelum berpikiran yang negative ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu ciri benjolan dibawah dagu yang berbahaya dan yang tidak. dengan begitu kita lebih mengetahui cara mengobati bengkak di bawah dagu tersebut.

Penyebab dari benjolan keras di bawah dagu dipengaruhi beberapa faktor. Berikut penyebab benjolan dibawah dagu kanan atau kiri :

Infeksi

Infeksi bakteri atau virus dapat membentuk benjolan pada anggota tuhuh, pada kasus ini yaitu di bawah dagu. Pembengkakan merupakan respons dari sistem kekebalan tubuh yang alami. Benjolan ini biasanya disebabkan karena kelenjar getah bening yang juga membengkak. Cirinya biasanya benjolan lunak dan tidak sakit saat disentuh.

Tumor jinak

Jenis tumor jinak yang membentuk benjolan ini termasuk pada kista sebasea, lipoma dan fibroma. Hampir sama dengan benjolan akibat adanya infeksi, benjolan ini tidak terasa nyeri. Umumnya benjolan ini tidak berbahaya.

Kanker

Pembentukan benjolan juga dapat disebabkan karena kelenjar saliva, kelenjar getah bening atau kulit. Pada beberapa penderita leukimia juga sering ditemui benjolan pada dagu. Berikut ciri benjolan dibawah dagu yang berbahaya :

  • Kesulitan menelan atau bernapas.
  • Menurunnya berat badan secara drastis.
  • Suara menjadi serak.
  • Mengeluarkan nanah.
  • Benjolan tidak hilang lebih dari 2 minggu dan bahkan membesar.
  • Ketika diraba benjolan terasa keras.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

Jika mendapati ciri-ciri diatas ada baiknya segera periksakan pada dokter. Diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan pengobatannya. Berikut cara mengobati bengkak di bawah dagu menurut penyebabnya :

Infeksi : benjolan yang muncul karena infeksi dapat mengecil sendiri seiring infeksinya hilang. Untuk pemberian obat, biasanya dokter akan meresepkan antibiotik.

Tumor jinak : Tumor jinak atau kista pada dagu tidak berbahaya, hanya saja menyebabkan ketidaknyamanan pada penderitanya. Pengangkatan kista atau menggunakan obat herbal biasanya sudah cukup menyembuhkan benjolan.

Kanker : Pada kasus kanker diperlukan beberapa pemeriksaan penunjang untuk menentukan pengobatan yang tepat. Biasanya dilakukan terapi radiasi dan juga kemoterapi untuk pengobatannya. Namun, kambali lagi tergantung tingkat keparahan kankernya.

Cara MENGOBATI KISTA Secara Alami TANPA OPERASI !