Benjolan Kanker Payudara

0
87
tanda keputihan yang bahaya

Munculnya benjolan pada bagian tubuh pasti membuat khawatir, apalagi benjolan tumbuh di bagian payudara. Pasti ada kekhawatiran terjadinya benjolan kanker payudara. Namun, faktanya tak semua benjolan dapat berpotensi kanker. Beberapa jenis benjolan juga bersifat non kanker. Untuk itu, perlu kita ketahui jenis benjolan tersebut termasuk pada jenis yang mana, melalui gejalanya.

Ada beberpa pemicu adanya benjolan ini misalnya ketidak seimbanagn hormone, jaringan upnormal dipayudara dan pola hidup tidak sehat. Mengetahui penyebab dari benjolan sangat penting dalam mempermudah penanganan. Berikut jenis benjolan yang terjadi pada payudara :

Kelainan fibrokistik

Fibrosis atau kista yaitu adanya sel abnormal di jaringan payudara. Gejala yang uncul yaitu benjolan terasa nyeri dan ada bengkak. Apalagi ketika haid biasanya nyeri yang dirasakan lebih hebat. Meski begitu, benjolan ini tidak ganas.

Fibrosis

Pada fibrosis benjolan menimbulkan nyeri yang mirip seperti nyeri luka ketika diraba.Jenis benjolan ini juga tidak berisiko kanker.

Ciri Penyakit Kista !

Fibroadenoma

Fibroadenoma ini termasuk tumor yang paling sering ditemui. Gejalanyayaitu benjolan dapat berpindah dan juga mudah digerakan. Jika diraba, benjolan padat dan tidak nyeri ketika ditekan. Benjolan ini juga tidak berpotensi kanker.

Intraductal papilloma

Benjolan ini  juga termasuk keddalam tumor jinak (non kanker). Cirinya yaitu benjolan berukuran besar dan umumnya muncul dekat dengan puting. Lebih banyak menyerang wanita berusia 35 hingga 55 tahun.

Untuk kasus benjolan kanker payudara, biasanya nyeri yang timbul bisa hingga menembus ke bungngung, mengeluarkan nanah dan berbau tidak sedap.

.https://lingshenyao.id/tanda-kanker/