Penyebab Munculnya Benjolan di Tenggorokan

0
222
Sakit di tenggorokan

Seputarherbal.com Munculnya benjolan di tenggorokan terjadi bukan karena adanya bahaya yang serius berhubungan dengan kesehatan seseorang. Hal ini ditandai dengan terasa gumpalan berukuran besar atau kecil, dengan tekstur keras ataupun lembek yang terasa sakit juga mengganggu tenggorokan.

Benjolan di tenggorokan dapat  muncul tanpa disertai dengan gejala umum, terbilang tidak berbahaya dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, benjolan ini juga bisa menjadi pertanda kanker di tenggorokan, terutama jika disertai dengan gejala lain.

Tidak semuanya benjolan di tenggorokan dapat diindikasikan sebagai penyakit tertentu. Sebagian orang mungkin telah merasakan adanya benjolan di tenggorokan akibat mengalami sensasi globus. Kondisi seperti ini sering menyebabkan munculnya perasaan adanya benjolan di tenggorokan padahal sebetulnya tidak ada, dan sensasi tersebut akan hilang dengan sendirinya tanpa perlu adanya pengobatan.

Berikut adalah beberapa kondisi yang seringkali menyebabkan munculnya benjolan di tenggorokan, antara lain :

Peradangan ditengggorokan

Adanya peradangan disekitar tenggorokan,mumumnya disebabkan oleh infeksi, dapat menyebabkan tenggorokan terasa sakit atau tidak nyaman dan mengganjal. Bagian amandel pun sering  membengkak saat tenggorokan mulai meradang.

Pembekakan Kelenjar Getah Bening

Benjolan pada tenggorokan umumnya dapat terjadi karena adanya pembengkakan kelenjar getah bening. Hal ini disebabkan oleh infeksi dan bakteri, termasuk infeksi telinga, infeksi sinus, radang amandel dan infeksi lainnya. Pada umumnya, benjolan di tenggorokan akibat pembengkakan kelenjar getah bening dapat segera hilang apabila infeksi sudah teratasi.

Kista

Kista yang terdapat pada tenggorokan ditandai dengan adanya benjolan yang berbentuk kecil seperti kacang polong. Benjolan inipun dapat bergeser di bawah kulit jika ditekan, dan juga dapat hilang dengan sendirinya tanpa perlu adanya pengobatan khusus.

Baca juga : Cara mengobati Kista tanpa Operasi

Tegang Otot

Saat tidak sedang berbicara ataupun menelan, otot tenggorokan akan rileks dengan sendirinya. Namun terkadang, ketegangan otot juga dapat terjadi jika otot tenggorokan tidak dapat rileks dengan baik sehingga terasa seperti ada benjolan di tenggorokan.

Postnasal Drip

Postnasal drip adalah mengalirnya lendir yang berlebihan dari hidung ke belakang tenggorokan. Mengalirnya lendir di belakang tenggorokan ini dapat menyebabkan rasa seperti adanya benjolan di tenggorokan. Untuk melegakan lendir di tenggorokan, Anda bisa mencoba konsumsi sup hangat di rumah. Selain mampu mengencerkan lendir di tenggorokan, sup panas juga dapat membantu mencegah Anda dehidrasi.

Kenali Kondisi yang Lebih Berisiko

Benjolan pada tenggorokan dapat dikatakan berbahaya jika benjolan muncul dengan diikuti gejala lain. Seperti terjadinya perubahan ukuran dan juga bentuk benjolan, mengalami ulkus atau sariawan pada mulut lebih dari beberapa minggu, mengalami batuk dan serak selama lebih dari 2 minggu, sulit menelan dalam kurun waktu beberapa minggu dan penurunan berat badan tanpa sebab. Selain itu, gejala yang bisa muncul berupa rasa sakit yang tidak bisa dijelaskan dan berlangsung lama.

https://lingshenyao.id/jual-obat-kista-surabaya/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here