Home Kesehatan Penyebab Munculnya Benjolan di Tangan

Penyebab Munculnya Benjolan di Tangan

0
8

Seputarherbal.com – Benjolan di Telapak Tangan. Benjolan di tangan merupakan kondisi yang cukup umum dan dapat disebabkan oleh banyak hal. Biasanya, kondisi ini tidak menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Namun, jika Anda mengalaminya, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan, terutama jika benjolan tersebut menyebabkan rasa nyeri dan tidak nyaman hingga Anda mengalami kesulitan dalam menggerakkan tangan.

Selain itu, penting bagi Anda untuk mengetahui atau mengenali berbagai macam penyebab munculnya benjolan di tangan. Hal ini dilakukan agar dapat mengambil langkah awal pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Pemeriksaan awal ini biasanya akan dilengkapi dengan pemeriksaan radiologi dan prosedur biopsi, guna menentukan apakah benjolan yang timbul berasal dari suatu hal yang bersifat ganas atau bukan.

Berikut ini beberapa hal yang memungkinkan munculnya benjolan di tangan :

  • Kista Ganglion

Benjolan di tangan bisa jadi merupakan gejala penyakit kista ganglion. Kista ganglion sendiri merupakan kista yang terbentuk pada sendi-sendi atau tendon, seperti sendi jari, tangan, atau pergelangan tangan. Kista ini biasnaya muncul di bagian belakang pergelangan tangan dengan tekstur kenyal yang mirip seperti jeli. Meskipun penyebab dari kista ganglion masih belum diketahui secara pasti, tetapi kondisi ini dapat muncul setelah terjadi cedera pada tendon atau sendi, dan juga akibat penuaan. Namun, kista ganglion dapat mengecil atau hilang dengan sendirinya dan hanya perlu diperiksa jika terasa sakit. Kondisi ini biasanya ditangani dengan cara menyedot cairan kista menggunakan jarum, atau mengangkat kista melalui prosedur bedah atau operasi.

Baca Juga : Mengenal Pengobatan Kista Tanpa Operasi

  • Kutil

Selain kista, benjolan di telapak tangan juga bisa jadi merupakan kutil yang biasanya disebabkan oleh human papiloma virus (HPV). Kutil memiliki bentuk yang bulat dan lonjong, dengan ukuran yang beragam, bertekstur keras dengan permukaan tidak rata seperti kembang kol, dan biasanya hanya satu atau beberapa benjolan. Meskipun kutil tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya, namun kondisi ini juga dapat bertahan hingga berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Jika kutil tidak kunjung sembuh, tumbuh secara berulang, terasa sakit, atau mengalami perubahan bentuk, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

  • Tumor pada Tangan

Benjolan di tangan juga bisa jadi merupakan tumor, baik itu tumor kulit, tumor jaringan lunak, atau tumor muskoskeletal. Meskipun kemungkinan besar tidak berbahaya, namun kondisi ini sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

Sembuh tanpa OPERASI | OBAT KISTA BARTHOLIN