Home Kesehatan Tips Mencegah Badan Pegal di Pagi Hari

Tips Mencegah Badan Pegal di Pagi Hari

0
17

Seputarherbal.com – Bangun Tidur Badan Pegal. Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi setiap harinya, agar tubuh yang lelah kembali segar ketika bangun di pagi hari. Namun, tak jarang seseorang merasakan badannya pegal dan seakan remuk di pagi hari. Hal ini tentunya terasa tidak nyaman dan membuat seseorang khawatir akan suatu kondisi tertentu. Pada akhirnya menyebabkan orang tersebut malas beraktivitas dan menjalani harinya dengan tidak semangat. Maka dari itu, dalam artikel ini kami akan membahas cara-cara untuk menghindari badan pegal ketika bangun tidur.

Berikut ini cara mencegah badan pegal di pagi hari :

  • Ubah Posisi Tidur

Salah satu penyebab badan pegal-pegal ketika bangun tidur adalah posisi tidur yang kurang tepat. Jika Anda badan Anda pegal ketika bangun tidur, maka kemungkinan Anda memiliki kebiasaan tidur dengan posisi tengkurap. Maka dari itu, mulailah untuk tidur dengan posisi miring kanan, miring kiri, atau telentang. Selain itu, kebiasaan tidur dengan posisi tengkurap juga dapat membuat otot leher tertekan, sehingga terasa kaku dan sakit di pagi hari.

  • Gunakan Bantal yang Tepat

Keluhan “salah tidur” yang mungkin pernah Anda alami dapat disebabkan akibat penggunaan bantal yang kurang tepat. Kondisi ini juga dapat menyebabkan badan pegal-pegal ketika bangun tidur.

Jika Anda menggunakan bantal yang licin, maka dapat menyebabkan posisi tidur Anda mudah berubah. Maka dari itu, pilihlah bantal yang empuk tetapi padat, agar dapat mempertahankan posisi kepala dengan baik sepanjang malam. Selain itu, hindari juga penggunaan bantal yang terlalu tinggi, sebab dapat menyebabkan otot leher kaku ketika bangun tidur.

  • Atur Temperatur atau Kecepatan Pendingin Ruangan

Sirkulasi udara di kamar yang pengap dapat membuat badan Anda gerah atau kepanasan saat tidur. Sebaliknya, jika suhu ruangan terlalu dingin, maka akan membuat Anda menggigil karena kedinginan. Kedua kondisi tersebut menyebabkan kualita tidur Anda berkurang, sehingga dapat menyebabkan otot menjadi tegang, kaku, dan terasa sakit ketika bangun tidur. Berdasarkan penelitian, suhu kamar ideal saat tidur di malam hari adalah 18-22 derajat Celcius.

  • Mandi Air Hangat

Badan pegal ketika bangun tidur dapat disebabkan karena tubuh menegang setelah berjam-jam dalam posisi yang sama. Kondisi ini akan semakin parah apabila Anda melakukan kegiatan olahraga sebelum tidur. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memandikan tubuh Anda dengan air hangat sebelum tidur. Pasalnya, air hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga pasokan oksigen dalam darah lebih mudah mencapai daerah yang terasa nyeri. Selain itu, mandi air hangat juga dapat membantu menurunkan kekakuan otot, serta meningkatkan rentang gerak pada bagian tubuh yang terasa pegal.

Baca Juga : Manfaat Mandi Air Panas Bagi Kesehatan Tubuh

Obat CINA Kanker Terbaik di Dunia