Benarkah Ubi Jalar Berbahaya bagi Penderita Diabetes?

0
60

Seputarherbal – Bahaya Ubi Jalar bagi Penderita Diabetes. Ubi jalar atau yang juga dikenal dengan ketela rambat ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Penelitian menunjukan bahwa, konsumsi ubi jalar dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, hingga obesitas. Tak hanya  dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit berbahaya, ubi jalar juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan berat badan. Ubi jalar juga memiliki rasa yang manis alami, sehingga tidak perlu menambahkan gula untuk mengonsumsinya. makanan ini dapat diolah dengan cara dipanggang atau direbus.

Ubi jalar mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B6, kalium, mangan, kolin, beta-karoten, serta serat yang tinggi. Kandungan tersebut tentunya sangat berguna untuk tubuh. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut manfaat ubi jalar untuk kesehatan tubuh :

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ubi jalar memiliki kandungan beta-karoten dan vitamin C. Kedua zat tersebut berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Selain itu, kedua zat tersebut memiliki sifat antioksidan yang dapat membentuk kombinasi nutrisi yang kuat untuk menunjang sistem kekebalan tubuh Anda.

  • Mencegah Kanker

Selain bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kandungan beta karoten yang terdapat pada ubi jalar juga berguna untuk mencegah kanker. Penelitian menunjukan bahwa, beta karoten dapat membantu menurunkan risko penyakit kanker, seperti kanker lambung, kanker payudara, dan penyakit ginjal.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Ubi jalar memiliki kandungan kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun, sebaiknya Anda mengolah ubi jalar tanpa memberi tambahan garam secara berlebihan. Hal tersebut disebabkan karena, garam (sodium) dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

  • Baik untuk Pencernaan

Ubi jalar memiliki kandungan serat yang tinggi. Oleh sebab itu, makanan ini dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dengan baik, serta mencegah terjadinya sembelit.

  • Baik untuk Diet

Manfaat mengonsumsi ubi jalar yang terakhir adalah, dapat menurunkan berat badan secara alami. Oleh sebab itu, ubi jalar kerap dijadikan menu makanan untuk mereka yang sedang menjalani diet. Hal ini disebabkan karena ubi jalar memiliki kandungan lemak yang rendah.

Benarkah Ubi Jalar Berbahaya untuk Diabetes?

Diabetes merupakan suatu masalah kesehatan yang membuat penderitanya tidak bisa sembarangan dalam mengonsumsi makanan. Penderita diabetes biasanya tidak mengonsumsi makanan yang memiliki rasa manis.

Baca Juga : Cara Mencegah Diabetes Turunan

Meskipun memiliki rasa yang manis, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah. Selain itu, ubi jalar juga mengandung serat yang tinggi. Hal ini berarti bahwa, jika penderita diabetes mengonsumsi ubi jalar, maka kemungkinanan kadar gula darahnya tidak akan melonjak dengan cepat. Ubi jalar juga mengandung vitamin C, magnesium, potasium, beta karoten yang memberikan manfaat bagi penderita diabetes.

Meskipun begitu, sebaiknya penderita diabetes tidak berlebihan dalam mengonsumsi ubi jalar. Selain itu, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi ubi jalar yang diolah melalui proses penggorengan.

6 Makanan Obat Pencegah Kanker Herbal