Benarkah Ibu Hamil Dilarang Mengonsumsi Rebung?

0
154

Seputarherbal.com – Ibu hamil memang harus berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, karena hal tersebut dapat berpengaruh terhadap janin yang dikandung. Terdapat beberapa makanan yang memang tidak dapat dikonsumsi oleh ibu hamil secara medis. Namun, ada juga mitos mengenai makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh Ibu hamil. Sementara, makanan tersebut sebenarnya merupakan makanan yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh dan tidak akan memengaruhi kesehatan janin yang dikandung. Salah satu mitos tersebut adalah bahaya redung bagi ibu hamil. Beberapa masyarakat mempercayai bahwa, jika seorang wanita yang tegah hamil mengonsumsi rebung, maka tubuh anaknya nanti, akan ditumbuhi banyak bulu.

Baca Juga : Mitos !!! Dilarang Memakan Coklat Saat Hamil

Sampai saat ini, belum ada bukti bahwa mengonsumsi rebung bisa membahayakan kesehatan janin. Beberapa pakar justru mengatakan bahwa rebung memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk Ibu hamil. Rebung memilki kandungan protein, karbohidrat dan juga 12 asam amino yang diperlukan oleh tubuh. Beberapa manfaat yang akan Anda dapat dari mengonsumsi rebung, antara lain :

  • Sistem Pencernaan Lancar

Sering memakan rebung, dapat membuat sistem pencernaan Anda menjadi lancar dan sehat.Hal ini disebabkan karena, rebung mengandung serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Didalam 120 gram rebung, terdapat kandungan serat sebesar 1,2 gram. Selain itu, rebung merupakan makanan yang sangat cocok bagi Anda yang sedang melakukan diet, karena memberikan efek kenyang yang lebih lama. Hal tersebut tentunya dapat membuat Ibu hamil terhindar dari obesitas.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Rebung memiliki kandungan mineral, yaitu kalium yang berperan dalam mengendalikan tekanan darah agar tetap dalam kondisi normal. Maka dari itu, rebung merupakan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh Anda yang memiliki tensi darah tinggi. Selain itu, makanan ini juga dapat mengatasi gejala darah tinggi pada Ibu hamil.

  • Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Rebung terbukti memiliki kandungan asam phenolic yang merupakan suatu bahan antiradang dan antioksidan. Kandungan tersebut ternyata dapat membantu mengurangi risiko terkenanya penyakit-penyakit yang membahayakan, seperti halnya penyakit jantung. Dalam 120 gram rebung terdapat 24 mg fosfor, dan 14,4 mg magnesium yang diperlukan oleh tubuh.

  • Mencegah Kanker

Selain dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, rebung juga dapat mencegah timbulnya kanker dalam tubuh Anda. Hal tersebut disebabkan karena, kandungan antioksidan yang terdapat pada rebung. Kandungan tersebut, mampu mengatasi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas merupakan zat yang berbahaya dan dapat menyebabkan kanker. Antioksidan yang terdapat pada rebung, merupakan antioksidan jenis fitosterol yang juga dapat membasmi kolesterol jahat dalam darah.

https://lingshenyao.id/obat-tumor-payudara/