Penyebab Nyeri Ulu Hati pada Ibu Hamil

0
30

Seputarherbal.com – Bahaya nyeri ulu hati pada ibu hamil. Dalam masa kehamilannya, seorang Ibu hamil mungkin pernah mengalami gangguan-gangguan tertentu. Salah satunya adalah gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan disini, merupakan gangguan yang disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju kerongkongan (esofagus) yang menyebabkan ketidak nyamanan. Gejala yang biasanya dialami adalah, timbulnya rasa nyeri pada ulu hati disertai rasa panas seperti terbakar (Heartburn). Kondisi tersebut terjadi pada bulan-bulan awal asa kehamilan bahkan bisa juga sepanjang kehamilan.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan nyeri ulu hati pada saat hamil :

  • Meningkatnya Hormon Progesteron

Nyeri ulu hati dalam masa kehamilan juga disebabkan oleh meningkatnya sekresi hormon progesteron. Hal tersebut dapat menyebabkan katup antara perut dan esofagus mengendur, sehingga asam lambung dapat mengalir naik ke kerongkongan dan menyebabkan rasa terbakar pada dada.

  • Tukak Lambung

Tukak lambung merupakan suatu kondisi, dimana dinding lambung atau usus kecil terkikis akibat munculnya luka. Hal tersebut terjadi karena, zat asam yang terdapat dalam lambung merusak permukaan dinding lambung sehingga menyebabkan pendarahan. Selain itu, ulu hati hingga dada terasa nyeri. Tukak lambung pada Ibu hamil sering ditandai dengan mual-mual hingga muntah darah. Selain itu, dapat pula terjadi pendarahan pada tinja serta berkurangnya berat badan dalam masa kehamilan.

  • Sindrom Iritasi Usus Besar

Sesuai dengan namanya, sindrom ini memengaruhi usus besar sehingga menyebabkan perut kembung, kram, diare dan sering mengeluarkan gas. Sindrom iritasi usus besar disebabkan karena, dinding usus yang dilapisi oleh lapisan otot bergerak lebih kuat dan lama dari biasanya. Selain itu, riwayat anggota keluarga juga bisa jadi pemicu terjadinya sindrom ini.

  • Pankreatitis

Pankreatitis atau yang juga dikenal dengan radang pankreas dapat menimbulkan rasa nyeri pada ulu hati selama masa kehamilan. Rasa nyeri ini juga disertai dengan gejala lain, spserti mual-mual, muntah,kram perut, hingga perubahan warna kulit di area pusar atau pinggang. Penyakit ini bisa menjadi kronis sehingga berat badan dapat menurun selama masa kehamilan, dan juga tinja berbau lebih menyengat dari biasanya.

Untuk mengatasi nyeri ulu hati pada saat hamil, Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur lunak agar lebih mudah dicerna oleh lambung. Namun, tentu saja makanan tersebut harus mengandung nutrisi yang diperlukan oleh Ibu hamil. Bubur, sup, yoghurt dan sereal merupakan pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dan juga hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol, agar asam lambung tidak naik dan Ibu hamil sehat.

Baca Juga : Bahaya Minum Kopi Bagi Ibu Hamil

https://lingshenyao.id/pengobatan-kanker-usus/