Bahaya! Ini Dia Dampak Buruk dari GERD

0
53

Seputarherbal.com – Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) lebih dikenal dengan sebutan asam lambung oleh masyarakat luas. GERD merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan adanya rasa nyeri pada ulu hati. Nyeri yang dirasakan dapat disertai sensasi terbakar pada dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan (esofagus). Esofagus merupakan bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dengan lambung. Penyakit ini merupakan penyakit yang umum dialami oleh masyarakat. Meskipun begitu, penyakit ini sering kali diabaikan oleh penderitanya. Penderita cenderung membiarkan gejala yang dirasakan sampai hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, hal tersebut justru akan berakibat fatal jika dibiarkan secara terus menerus. Pasalnya penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi dan dampak yang buruk bagi kesehatan. Berikut ini dampak dari penyakit GERD :

  • Heartburn

Heartburn merupakan gejala GERD yang paling umum. Hal ini ditandai dengan rasa nyeri pada ulu hati, dan rasa panas dan perih pada dada dan kerongkongan. Kondisi tersebut terjadi akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan. Banyak orang mencoba meredakan heartburn dengan cara membungkukkan badan atau berbaring. Akan tetapi, hal tersebut justru akan memperparah rasa nyeri yang dialami. Heartburn biasanya hanya terjadi sesekali, akan tetapi sangat mengganggu kegiatan sehari-hari.

  • Masalah pada Pernafasan

Asam lambung naik, dapat memperparah penyakit pneumonia atau asma yang Anda derita, sehingga menyebabkan sesak napas dan kesulitan dalam bernapas. Hal tersebut terjadi karena, naiknya asam lambung yang secara tidak sengaja akan tersedot saat bernafas.

  • Radang pada Tenggorokan

Ketika asam lambung naik ke atas menuju kerongkongan, hal tersebut dapat menyebabkan esofagitis. Esofagitis merupakan kondisi, dimana cairan asam lambung mengiritasi lapisan kerongkongan sehingga membengkak dan menyebabkan rasa sakit pada saat menelan. Hal tersebut bahkan dapat menyebabkan peradangan, luka hingga borok pada kerongkongan. Selain itu, dapat juga terjadi striktur esofagus, yaitu kondisi dimana kerongkongan mengalami penyempitan sehingga Anda akan kesulitan saat menelan.

Baca Juga : 3 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Lebih Cepat

  • Kerusakkan Gigi

Naiknya zat asam dan cairan lambung menuju esofagus dan mulut, berakibat mengikis lapisan luar gigi yang keras (email gigi). Sehingga gigi pun menjadi rusak. Hal tersebut biasanya jarang disadari oleh penderitanya hingga pada akhirnya mencapai stadium lanjut.

  • Kanker Kerongkongan

Dampak yang paling buruk dari GERD yang sudah parah dan tidak pernah diobati adalah terjadinya kanker kerongkongan.  Kanker kerongkongan ini, biasanya ditandai dengan penurunan berat badan, nyeri dada dan sulit menelan. Tak jarang, kanker kerongkongan baru diketahui ketika sudah mencapai tahap lanjut yang sulit untuk ditangani. Kanker ini, biasanya terjadi pada penderita GERD menahun dan kisaran usia diatas 50 tahun.

https://lingshenyao.id/obat-herbal-miom/