Ini Dia Bahaya Dehidrasi Bagi Kesehatan

0
24

Seputarherbal.com – Bahaya Dehidrasi. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan, di mana cairan tersebut berguna untuk menunjang fungsi tubuh dengan baik. Maka dari itu, setiap orang harus mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh sebaik mungkin agar tidak mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi.

Dehidrasi merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kehilangan banyak cairan, dan cairan yang masuk kedalam tubuh tidak seimbang dengan cairan yang hilang tersebut. Hal ini dapat berpengaruh terhadap keseimbangan kadar gula, garam, mineral dan juga darah, sehingga fungsi tubuh pun akan terganggu.

Pada dasarnya kadar cairan dalam tubuh mencapai 60 persen dari total berat badan Anda. Hal ini disebabkan karena, cairan di dalam tubuh berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja organ-organ atau jaringan yang berada di dalam tubuh. DIantaranya adalah, mengoptimalkan kinerja sistem pencernaan, menutrisi sel, melembabkan jaringan tubuh (telinga, hidung dan tenggorokan), sebagai bantalan persendian, serta membantu mengeluarkan racun yang ada didalam tubuh (detoksifikasi).

Dehidrasi tentunya bukan hal yang dapat Anda abaikan begitu saja. Pasalnya, apabila dibiarkan secara terus menerus akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa bahaya dehidrasi yang harus diwaspadai :

Baca Juga : Dehidrasi : Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi

  • Sembelit

Air yang Anda minuma tentunya akan berpengaruh terhadap proses penyerapan makanan dan pembentukan kotoran di dalam usus. Oleh sebab itu, kurang minum dapat menyebabkan sembelit atau susah buang air besar akibat tekstur tinja yang keras. Jika hal ini dibiarkan secara terus-menerus dan tidak segera diatasi, maka dapat meningkatkan risiko terjadinya wasir dan pendarahan rektum.

  • Mengganggu Sistem Kekebalan Tubuh

Dehidrasi menyebabkan cairan yang keluar dalam bentuk urine keluar dengan jumlah yang jauh lebih sedikit dari biasanya. Hal ini tentunya bukan merupakan hal yang dapat diabaikan, sebab dapat berpengaruh besar terhadap seberapa banyak racun atau sampah-sampah berbahaya yang dapat dikeluarkan oleh tubuh.

Jika racun tersebut terus-menerus menumpuk dan tidak dibuang dengan benar, maka dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh Anda terganggu, sehingga Anda akan lebih mudah terserang penyakit.

  • Mengganggu Persendian

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka dampaknya juga akan terasa pada otot dan persendian Anda. Hal ini disebabkan karena air dapat membantu persendian agar dapat bergerak dengan lancar. Sementara itu, kurang asupan cairan di dalam tubuh menyebabkan persendian terasa lebih kaku. Selain itu, air yang Anda minum juga memiliki peran yang besar terhadap kelancaran aliran darah dan oksigen menuju otot dan otak.

  • Menyebabkan Bau Mulut

Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan berdampak pada fungsi tubuh yang baik pula. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata dehidrasi juga dapat menyebabkan bau mulut ? Hal ini terjadi karena ketika dehidrasi mulut menjadi kering, sehingga napas pun jadi mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Sementara itu, mengonsumsi segelas air putih secara rutin dapat membuat suasana di dalam mulut menjadi lebih basah, membersihkan bakteri jahat di mulut yang menyebabkan napas berbau tak sedap, serta menjaga aliran air liur.

Bisa Sembuh dengan Obat Kanker Hati HERBAL