Home Kesehatan Penyebab Badan Bentol Merah dan Gatal

Penyebab Badan Bentol Merah dan Gatal

0
16

Seputarherbal.com – Badan Bentol Merah dan Gatal. Munculnya bentol atau bintik merah disertai gatal pada kulit terkadang membuat Anda bertanya-tanya apa penyebabnya. Bentol merah yang gatal pada kulit dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, seperti alergen (zat pemicu alergi), infeksi, panas, gangguan pada sistem kekebalan tubuh, hingga pengaruh obat-obatan.

Bentol merah di kulit yang disertai rasa gatal biasanya terjadi di area lengan, kaki, dan wajah. Meskipun begitu, kondisi ini juga dapat terjadi pada bagian tubuh yang lain. Selain itu, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami bintik merah pada kuit yang disertai rasa gatal. Diantaranya adalah :

  • Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak merupakan salah satu penyebab yang paling umum dari terjadinya bentol merah pada kulit yang disertai rasa gatal. Kondisi ini terjadi akibat adanya kontak langsung dengan suatu zat yang dapat memicu reaksi alergi maupun iritasi, seperti produk kecantikan, sabun, parfum, atau tanaman. Untuk mengatasi masalah ini, cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan sebisa mungkin mengenali dan menghindari penyebabnya.

  • Gigitan Serangga

Selain tinea, bentol merah disertai rasa gatal juga dapat disebabkan oleh gigitan serangga, mulai dari gigitan nyamuk, semut, tungau kasur, kutu hewan peliharaan, hingga laba-laba. Selain munculnya bintik merah dan gatal, kondisi ini juga dapat disertai dengan keluhan lain, seperti rasa nyeri dan pembengkakan di area sekitar gigitan serangga.

  • Dermatitis Atopik

Dermatits atopik atau yang juga dikenal sebagai eksim merupakan kondisi yang ditandai dengan kondisi kulit kering dan gatal. Kondisi ini seringkali dialami oleh anak-anak dan penyebabnya pun belum diketahui secara pasti. Meskipun begitu, kondisi ini diduga dapat dipicu oleh faktor genetik dan lingkungan yang kurang bersih. Umumnya, gejala pada dermatitis atopik ini dapat diatasi dengan menggunakan krim kortikosteroid atau obat-obatan lain yang direkomendasikan oleh dokter.

Baca Juga : Faktor-Faktor Penyebab Dermatitis Atopik

  • Tinea

Tinea atau yang lebih dikenal dengan sebutan “kurap”, merupakan infeksi jamur di kulit yang dapat menular dan menyebar atau meluas ke beberapa bagian tubuh, seperti ketiak, kulit kepala, selangkangan, bawah payudara, hingga kaki. Kondisi ini ditandai dengan berbagai macam gejala, yakni berupa bintik merah pada kulit yang disertai rasa gatal, kulit nampak menebal dan bersisik, dan timbulnya luka pada permukaan kulit. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan krim anti jamur. Ada baiknya jika krim atau obat anti jamur yang digunakan sesuai dengan yang direkomendasikan dokter.

Rekomendasi Obat Tumor Payudara TANPA OPERASI