Home Kesehatan Pengobatan untuk Nyeri Otot dan Sendi

Pengobatan untuk Nyeri Otot dan Sendi

0
46

Seputarherbal.com – Nyeri otot dan nyeri sendi merupakan masalah yang sering kali dialami oleh setiap orang ketika beraktivitas menggunakan fisik. Ada bermacam-macam obat yang efektif untuk atasi nyeri otot sendi. Obat-obatan ini bisa didapat dalam bentuk pil, tablet atau obat minum lainnya, obat suntik, hingga berupa krim atau balsem yang dioles.

Nyeri otot dan nyeri sendi dapat terjadi ketika seseorang mengangkat bedan yang terlalu berat, melompat, melakukan aktivitas olahraga yang berlebihan, dan cedera. Tak hanya itu, nyeri otot sendi juga dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu, seperti osteoarthritis, rematik, dan asam urat.

Ketika mengalami nyeri otot dan nyeri sendi, masyarakat di Indonesia umumnya menggunakan balsem panas. Pasalnya, mereka percaya bahwa semakin besar sensasi panas yang diberikan balsem, maka semakin ampuh untuk mengusir nyeri sendi. Balsem atau air panas memang dapat memberikan efek hangat dan nyaman ketika diaplikasikan ke bagian tubuh yanng terasa nyeri. Namun, beberapa ahli menyarankan untuk mengompres bagian yang terasa nyeri dengan kompres es yang dibalut dengan handuk.

Meskipun begitu, cara diatas hanya akan mengurangi nyeri dan memberikan rasa nyaman sementara. Namun tidak mengatasi peradangan yang menimbulkan nyeri pada otot dan sendi Anda. maka dari itu, diperlukan obat-obatan jenis lain untuk meredakan nyeri otot sendi secara maksimal.

Berikut ini beberapa jenis obat-obatan yang dapat membantu meredakan nyeri otot dan nyeri sendi :

  • Paracetamol

Paracetamol merupakan jenis obat yang dikenal sebagai obat demam dan pereda nyeri, termasuk nyeri otot dan sendi. Tak hanya itu, obat ini juga memiliki banyak manfaat lain, seperti meredakan sakit menstruasi, sakit kepala, sakit gigi, sakit punggung, hingga osteoarthritis.

Baca Juga : Makanan yang Dapat Memicu Nyeri Sendi

  • Opioid

Obat Opioid juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri otot dan sendi yang Anda alami. Jika nyeri sendi yang Anda rasakan sangat hebat, maka dokter akan meresepkan obat opioid yang lebih kuat agar dapat bekerja secara maksimal. Namun, penggunaan obat ini tak lepas dari pengawasan dokter. Pasalnya obat ini dapat memberikan efek samping berupa mual, penurunan kesadaran, ketergantungan, hingga kecanduan.

Obat Anti-Inflamasi Non Steroid (OAINS)

Obat Anti-Inflamasi Non Steroid (OAINS) untuk meredakan nyeri sendi, seperti ibuprofen, aspirin, dan naproxen sodium dapat digunakan untuk mengatasi nyeri sendi tingkat sedang hingga berat. Penggunaan obat ini hanya pada saat sesuai dengan anjuran dokter. Pasalnya, jenis ini juga dapat menyebabkan efek samping, seperti maag, dan berpotensi meningkatkan risiko pendarahan.

Obat Nyeri Sendi HERBAL Terampuh