Asam lambung naik saat hamil

0
114
asam lambung naik saat hamil

Wanita yang sedang hamil biasanya mengalami kenaikan asam lambung, hal ini terjadi karena perut yang membesar karena janin. Kondisi ini menyebabkan asam lambung tertekan hingga naik ke saluran antara lambung dan mulut (Esofagus). Inilah salah satu mengapa asam lambung naik saat hamil.

Pada keadaan normal katup esofagus akan membuka dan penutup dengan ketat saat ada makanan masuk. Hal ini berguna agar asam lambung tidak mudah naik. Tapi pada saat hamil katup ini tidak seketat saat keadaan normal, sehingga asam lambung lebih mudah naik.

Cara menangani asam lambung

Untuk penanganan saat hamil umumnya sama seperti dalam keadaan normal. Untuk terhindar dari masalah ini sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini.

Kebiasaan makan anda harus diubah saat hamil. Anda bisa makan dalam porsi yang kecil namun sering. beri jeda sekitar 2 jam jika anda ingin berbaring setelah makan untuk mencegah asam lambung naik.

Sama saat keadaan tidak hamil, untuk terhindar dari asam lambung yang naik ada beberapa makanan yang harus dihindari. Sebaiknya makanan yang pedas, asam, coklat kopi dan mint bisa anda hindari terlebih dulu. Karena makanan tersebut rentan mengakibatkan asam lambung naik saat hamil.

Jika anda sudah merasakan gejala asam lambung naik saat hamil, anda tak usah panik. Anda bisa makan yoghurt atau segeralah minum segelas susu hangat untuk mengurai efek nyeri ketika asam lambung naik.

Artikel terkait : Penyebab sakit maag

Jika penyakit ini melanda ketika anda sedang istirahat. Dan tidak kuat untuk mengambil youghurt dan susu, anda meninggikan posisi kepala anda.Ganjal kepala anda dengan bantal 15 sampai 20 cm lebih tinggi dari badan saat berbaring. Jika anda ingin tidur miring, anda bisa miringkan tubuh anda kesebelah kiri.

Sebelum terjadi , sebaiknya anda menghindari makanan yang memang dapat memicu kondisi ini. Perbaiki pola makan anda agar terhindar dari keadaan tersebut.

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here