Apakah Tumor Bisa Menjadi Kanker? Ini Penjelasannya

0
22

Seputarherbal.com – Masih banyak orang yang bingung dan beranggapan bahwa tumor dan kanker adalah sama. Namun apakah tumor dan kanker itu adalah hal yang sama? Apakah tumor bisa menjadi kanker atau seballiknya? Simak penjelasan berikut agar lebih jelas.

Tumor dan Kanker Mirip Tapi Tidak Sama

Tumor merupakan terjadinya pertumbuhan sel yang tidak normal pada suatu bagian tubuh. Tumor terjadi ketika sel-sel dalam tubuh membelah dan tumbuh dalam jumlah yang tidak normal. Apabila tumor tidak menyebar dan terjadi pada bagian tubuh tertentu, maka tumor tersebut merupakan tumor jinak. Namun, apabila tumor menyebar ke bagian tubuh yang lain, maka itu bisa disebut dengan tumor ganas atau kanker.

Kanker dan tumor ganas sama-sama merupakan kondisi dimana sel-sel dalam tubuh tumbuh secara tidak normal dan menyebar ke bagian tubuh lain. Namun tetap saja ada beberapa hal yang membedakan antara tumor dan kanker.

Baca juga : Menyembuhkan Tumor Jinak dengan Alami

Perbedaan Tumor dan Kanker

Hal-hal yang dapat membedakan tumor dan kanker adalah :

  • Kanker tumbuh lebih cepat dibanding tumor
  • Sel kanker dapat dengan cepat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Sedangkan, tumor tumbuh dan menetap hanya pada satu bagian tubuh tertentu
  • Pengobatan kanker jauh lebih rumit dibanding dengan pengobatan tumor. Tumor dapat diatasi dengan cara operasi pengangkatan seluruh sel tumor yang ada pada bagian tubuh tertentu. Sedangkan pengobatan kanker harus melalui kemoterapi atau radio terapi terlebih dahulu untuk mematikan sel-sel kanker yang menyebar dengan cepat, setelah itu baru bisa menjalankan operasi pengangkatan tumor dan sisa-sisa selnya.
  • Tumor akan mengalami kekambuhan pada satu bagian tubuh saja, sedangkan kanker bisa kambuh di bagian tubuh manapun.

Persamaan Tumor dan Kanker

Terdapat beberapa kemiripan sifat anta tumor dengan kanker. Berikut penjelasannya :

  • Baik tumor maupun kanker sama-sama bisa tumbuh dalam ukuran yang besar
  • Meskipun jelas sekali bahwa kanker lebih berbahaya dari tumor, tapi tetap saja tumor pun merupakan suatu penyakit yang berbahaya, sebab tumor jinak pun bisa sangat berbahaya, seperti tumor jinak yang tumbuh pada bagian otak. Hal tersebut secara perlahan-lahan bisa menyebabkan kehancuran struktur otak.
  • Tumor dan kanker bisa kambuh kapan saja jika tidak segera ditangani. Kemungkinan kedua hal tersebut bisa kambuh pada bagian tubuh yang sama.

https://lingshenyao.id/cara-mengobati-kanker/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here