Begini Cara Penularan Penyakit Herpes

0
16

Seputarherbal.com – Herpes merupakan suatu penyakit radang pada kulit yang ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung berisi air pada kulit secara berkelompok. Penyakit ini disebabkan oleh hervest simplex virus (HSV). Lantas apakah penyakit herpes menular?

Kebanyakan orang tidak menyadari jika dirinya telah terinfeksi virus HVS, karena terkadang kondisi ini tidak menimbulkan gejala sama sekali. Maka dari itu, Anda harus melakukan pencegahan dan mewaspadai penularan penyakit herpes.

Terdapat dua jenis herpes yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia, yaitu herpes zooster (shingles), dimana herpes tipe ini terlihat seperti cacar dan juga herpes genital (hervest simplex), yakni herpes yang dapat menular akibat terjadi kontak langsung dengan pengidap.

Kedua jenis herpes tersebut disebabkan oleh virus yang berbeda. herpes zooster disebabkan oleh virus varicella zoster (VZV), sedangkan herpes genital disebabkan oleh virus HSV 2. Meskipun begitu, kedua jenis herpes tersebut sama sama dapat menular. Berikut cara penularan penyakit herpes yang perlu Anda waspadai :

  • Penularan Herpes Zooster

Penyakit herpes zooster, biasanya menyerang orang-orang dewasa dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. virus VZV yang menyebabkan herpes zooster ini terdapat dimana-mana. Akan tetapi, jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, maka virus tersebut tidak akan menyerang Anda dengan mudah.

Selain itu, pada dasarnya virus VZV adalah virus yang juga menyebabkan terjadinya cacar, sehingga orang yang sudah terkena cacar jarang mengalami herpes zooster. Namun, berbeda dengan cacar, herpes zooster akan mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa. Dan biasanya hanya terjadi pada beberapa bagian tubuh saja, seperti mata, wajah, leher, ujung hidung, atau sekitar telinga.

Seseorang yang terkena herpes zooster, biasanya mengalami gejala seperti timbulnya rasa sakit di satu bagian tubuh tertentu, yang kemudian diikuti dengan munculnya ruam yang berisi cairan mirip dengan cacar air. Jika Anda menggaruknya, maka dapat menyebabkan terjadinya infeksi.

  • Penularan Herpes Genital (Kelamin)

Penularan penyakit herpes genital terjadi melalui kontak kulit langsung, yaitu dari daerah yang terinfeksi ke daerah tertular. Penularan herpes dapat terjadi ketika seseorang yang terinfeksi berhubungan badan, seperti oral, vagina, atau dubur, sehingga menyebabkan salah satunya tertular. Herpes genital merupakan jenis herpes yang paling mudah menular, terutama jika kondisi tubuh seseorang sedang tidak dalam kondisi yang baik.

Selain itu, herpes genital juga biasanya ditandai dengan rasa gatal, kesemutan, serta sensasi lainnya sebelum muncul sesuatu pada kulit seseorang.

Baca Juga : Vitamin Alami Untuk Kesehatan Kulit

Obat Tradisional 8 Makanan Pencegah Kanker Serviks