Apakah kista mulut berbahaya ? Berikut penjelasannya.

0
71

Masalah Kesehatan mulut sering kali diabaikan banyak orang. Padahal mulut merupakan tempat pertama diprosesnya makanan yang sebelum akhirnya nutrisi diserap tubuh. Masalah mulut ini ada yang ringan hingga berat. Misalnya hanya sariwan hingga abses dan kista mulut/gigi yang meliputi akar gigi, gigi dan gusi. Apakah kista mulut berbahaya? Bagaimana penanganann? berikut ulasannya !

Kista identik dengan penyakit yang diderita perempuan, karena banyak menyerang daerah rahim. Padahal, kista dapat tumbuh di bagian tubuh manapun dan menyerang laki-laki atau perempuan. Salah satu bagian tubuh yang dapat tumbuh kista adalah mulut. Kista mulut atau kista gigi termasuk kedalam penyakit gigi dan mulut yang cukup serius jika tidak ditangani. Kista gigi ini meliputi gusi, gigi hingga akar gigi maka disebut juga kista mulut.

Apakah kista mulut berbahaya? Hal ini tergantung dari tingkat keparahan. Gigi merupakan bagian tubuh yang tidak bisa mengobati atau memperbaiki dirinya sendiri. Terlebih gigi merupakan bagian pertama yang digunakan untuk memproses makanan. Selain mengganggu Ketika makan, juga menimbulkan bau yang tidak sedap. Sehingga diperlukan penanganan oleh dokter secara medis.

Penyebab

Kista yang muncul pada gigi kebanyakan merupakan lanjutan dari pada infeksi gigi yang tidak ditangani dengan tepat. Infeksi yang terjadi biasanya karena caries atau gigi berlubang yang berlanjut semakin parah. Gigi berlubang yang tidak ditangani dapat mematian saraf, sehingga dapat dikatakan sebagai gigi mati. Gigi mati inilah yang jika dibiarkan dalam waktu yang lama bisa memicu terbentuknya kista. Faktor lain yang meyebabkan tumbuhnya kista gigi adalah kurangya kebersihan gigi dan mulut.

apakah kista mulut berbahaya

Untuk mengobati jenis kista disesuaikan dengan seberapa parah dan menganggu saraf kistanta. Berikut beberapa jenis pengobatan pada kista gigi :

Perawatan saraf gigi

Jika ukuran kista tidak terlalu besar, dokter biasanya akan dilakukan prosedur perawatan saraf gigi. Untuk proses terapi ini akan dilakukan rontgen pada gigi secara periodik . Hal ini dilakukan agar memudahkan dokter dalam memantau keadaan gigi hingga benar-benar penyembuhan.

Penggangkatan kista

Pengangkatan kista ini dilakukan pada kasus kista yang ukurannya sudah cukup besar dan membahayakan gigi disekitarnya. Prosedur ini termasuk pada proses bedah kecil. Pengangkatan kista ini juga meliputi gigi tempat melekatnya kista. Untuk proses penyembuhan dari pengangkatan kista gigi umumnya sama seperti pasca pencabutan gigi biasa.

apakah kista mulut berbahaya

Untuk terhindar dari penyakit yang satu ini, ada beberapa hal perlu kita perhatikan. Berikut beberapa hal yang dapat mecegah kista pada gigi :

  • Selalu menjaga kebersihan gigi. Minimal menggosok gigi setelah sarapan dan juga sebelum tidur. Akan lebih maksimal jika membersihkan gigi dengan benang gigi. Hal ini untuk mencegah makanan terselip di sela-sela gigi dan berkembang kuman menginfeksi daerah mulut.
  • Menggunkan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Menggunakan obat kumur setelah menggosok gigi untuk mencegah berkembangnya bakteri dan kuman.
  • Henti kebiasaan merokok.
  • Melakukan konsultasi rutin dengan dokter gigi, minimal sebanyak 6 bulan sekali.
  • Menkonsumsi makanan bergizi seimbang. Misalnya makanan yang mengandung serat kalsium dan vitamin C. Makanan-makanan tersebut tak hanya baik untuk tubuh, tapi juga mampu memperkecil resiko adanya masalah mulut. Karena pada makanan yang bergizi dapat memaksimalkan kerja enzim pada mulut.
  • Banyak konsumsi air putih dan kurangi minuman manis atau minum bersoda. Air putih merupakan kebutuhan pokok tubuh kita, disarankan minimal minum 8 gelas air putih perhari untuk dewasa. Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, air putih juga mampu mencegah bakteri berkembang dalam mutul. Air putih juga dapat membantu mencegah membentuk plak pada gigi yang dapat berdapak buruk pada kesehatan gigi dan mulut.

Kini pertanyaan seputar apakah kista mulut berbahaya atau tidak sudah terjawab. Jadi, sebaiknya lakukan upaya pencegahan diatas untuk terhindar dari masalah gigi dan mulut. Biasakan juga membersihkan gigi pada anak agar terbiasa untuk menggosok gigi 2 kali sehari.

Baca Juga:

Bagaimana cara Mencegah Penyakit Kista ? Berikut Caranya !