Apakah Kista Itu Berbahaya

0
136
endometriosis pecah

Kista merupakan penyakit yang identik dengan wanita dan tumbuh pada ovarium, sehingga mengganggu fungsi ovarium. Namun, sebenernya tak hanya kista rahim saja, banyak lagi jenis kista yang lain. Misalnya kista mulut, kista baker, ginjal usus, ganglion dan yang lainnya. Jenis kista yang lain dapat menyerah pria maupun wanita. kista masuk kedalam jenis tumor jinak, namun apakah kista itu berbahaya? berikut kami beri ulasannya.

Pada jenis kista tertentu dapat mengecil dengan sendirinya, misalnya kista ovarium fungsional yang terjadi pada wanita. Kista fungsional muncul ketika haid berlangsung dan dapat menghilang dengan sendirinya. Sedangkan kista yang patologis, perlu ditangani lebih lanjut karena terbentuk dari adanya sel abnormal.

Mengobati Miom Tanpa Operasi !

Apakah kista itu berbahaya? Jawabannya tergantung jenis kistanya. Jenis kista abnormal berpotensi kanker jika dibiarkan dan semakin membesar. Perbesaran ukuran kista dipengaruhi beberapa faktor tergantung dari jenis kistanya itu sendiri. Maka dari itu deteksi dini sangat perlu dilakukan untuk mencegah adanya pembesaran kista. Berikut ciri kista yang perlu anda waspadi :

  • Bagian benjolan nyeri jika ditekan.
  • Daerah yang tumbuh benjolan mempengaruhi fungsi tubuh yang ada di dekatnya. Misalnya persendian, otot, rahim atau sulit menggerakan bagian tubuh tertentu.
  • Pada kista rahim menstruasi menjadi tidak lancar dan sering terasa nyeri.
  • Pada kista mulut membuat daerah gusi mati rasa dan kesulitan saat makan.

Jika anda merasakan ciri diatas atau mencurigai benjolan yang muncul pada daerah tubuh, sebaiknya konsultasikan pada dokter. Hal ini untuk mengetahu jenis kista dan juga penanganan yang tepat. Apakah penyakit kista itu bisa membesar? tentu saja bisa. Jika kista membesar dan pecah dapat meyebabkan hal yang lebih serius, apalagi kista yang tumbul pada organ dalam.

https://lingshenyao.id/perbedaan-kista-dan-miom/