Apakah kista baker berbahaya? Simak ulasannya !

0
31
apakah kista baker berbahaya

Penyakit kista merupakan penyakit yang identik dengan wanita, karena sering ditemui tumbuh pada rahim. Namun, tak hanya pada rahim saja, kista juga dapat tumbuh dibagian tubuh manapun. Bisa juga menyerang pria maupun wanita. Salah satu jenis kista yang tumbuh selain dirahim adalah kista baker. Mungkin jenis kista ini tedengar asing. Apakah kista baker berbahaya? Benarkah kista baker pembuangan cairan? Berikut kami informasinya.

Kista yang menyerang lutut ini juga mempunyai istilah lain, ialah kista popliteal. Kista baker  ini dapat menyerang siapa saja, pria maupun wanita.. Kista jenis ini terjadi pada lutut. Benjolan ini berisikan cairan yang menyebabkan benjolan dapat dapat menimbulkan nyeri. Penderitanya biasanya akan merasa sakit jika lutut digerakan atau berjalan membawa beban yang cukup berat. Sehingga menganggu kegiatan sehari-hari.

Biasanya kista baker disebabkan karena adanya masalah pada sendi lutut. Misalnya peradangan sendi atau adanya robekan pada tulang rawan dilutut. Kedua hal ini menjadi memicu paling sering. Selain itu lutut yang memproduksi cairan berlebih juga dapat mem bentuk kista baker. Dengan kata lain, kista baker pembuangan cairan dari cairan lutut berlebih.

apakah kista baker berbahaya

Kista ini, banyak tidak disadari penderitanya. Tak sedikit penderita yang menganggap nyeri lutut ini sebagai asam urat atau reumatik. Karena gejala yang ditumbulkan hampir mirip. Untuk mengenali kista baker, berikut gejalanya :

  • Adanya pembengkakan pada bagian belakang lutut. Pada kondisi yang lebih parah, pembengkakan menyebar hingga pada bagian kaki lainnya.
  • Timbul rasa nyeri ketika menggerakan kaki. Terlebih ketika berjalan atau hendak duduk dari posisi berdiri.
  • Lutut terasa kaku dan sulit atau butuh waktu lama untuk meluruskan kaki.

Penyebab Munculnya Benjolan Pada Tubuh

Jika anda mengalami gejala diatas sebaiknya konsultasikan pada dokter. Karena jika benjolan ini tidak mendapat penanganan tepat dapat menjadi semakin parah Lalu apakah kista baker berbahaya? Hal ini tergantung seberapa para kista. Pada kista baker yang ringan, bejolan bisa hilang sendiri. Namun, pada kasus yang sudah parah biasanya akan dilakukan tindakan yang lebih serius.

apakah kista baker berbahaya

Berikut ini beberapa pengobatan yang dilakukan untuk pasien kista baker :

Terapi Fisik

Pengobatan yang pertama adalah terapi fisik. Metode ini biasanya dianjurkan untuk penderita kista yang ukuran benjolannya tidak terlalu besar. Terapi ini juga bisa dilakukan sendiri dirumah. Caranya dengan mengompres bagian lutut dengan es yang dibalut kain. Pengompresan ini dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri yang timbul. Setelah melakukan pengompresan lakukan latih dengan cara menggerak-gerakan lutut secara perlahan. Hal ini dilakukan untuk melatih otot area lutut agar tidak kaku karena kista dan mencegah timbulnya gelaja nyeri. Terapi ini dilakukan pada pagi hari sebelum melakukan aktifitas sehari-har dan juga sebelum tidur.

Terapi Obat

Pemberian obat biasanya berupa suntik kortikosteroid. Obat yang disuntikan pada lutut ini bertujuan untuk mengurangi inflamasi. Selain itu juga untuk meredakan rasa nyeri yang timbul. Namun, terapi obat ini tidak menyembuhkan 100% atau bersifat sementara. Jika benjolan kembali membesar maka rasa nyeri akan timbul kebali.

Drainase Cairan

Pada terapi drainase cairan juga diperlukan alat berupa jarum suntik. Sebelumnya telah dibahas jika kista jenis ini adalah pembuangan cairan lutut yang berlebih. Maka terapi yang juga disebut juga aspirasi jarum bisa menjadi salah satu pilihan tindakan. Caranya dengan mengambil atau menarik cairan pada benjolan menggunaka jarum suntik. Prosedur ini juga ditunjang dengan panduan ultrasonic.

Cara Mencegah Kista Rahim