Apakah Endometriosis Bisa Hilang?

0
191

Seputarherbal.com – Apakah Endometriosis Bisa Hilang? Endometriosis merupakan suatu kondisi di mana Ia memengaruhi perut bagian bawah wanita. Kondisi ini terjadi akibat jenis jaringan yang biasanya melapisi bagian rahim, yakni endometrium, malah tumbuh juga di bagian luar.

Dalam kondisi ini, jaringan endometrium di luar rahim tersebut juga ikut menebal, namun tidak dapat luruh dan keluar dari tubuh. Kondisi ini dapat menimbulkan keluhan berupa nyeri, dan bahkan dapat menyebabkan kemandulan pada wanita.

Kebanyakan wanita yang mengalami endometriosis, cencerung tidak menyadari adanya kondisi tersebut. Meski begitu, ada pula wanita yang mengalami gejala berupa nyeri haid parahdan kronis, namun justru berpikir bahwa rasa nyeri yang di alami merupakan suatu hal yang normal. Oleh sebab itu, banyak wanita yang baru mengetahui bahwa Ia menderita endometriosis setelah mengalaminya selama bertahun-tahun.

Gejala Endometrium

Gejala utama yang dapat dialami oleh penderita endometriosis adalah munculnya rasa nyeri pada perut bagian bawah. Gejala ini umumnya sering muncul dan dapat bertambah parah, terutama ketika penderita sedang berada dalam masa menstruasi atau saat melakukan hubungan seksual.

Intensitas rasa nyeri juga bervariasi, terkadang rasa nyeri menjalar dari perut bagian bawah, punggung, hingga kaki. Selain itu, ada pula yang merasakan nyeri seperti kram, disertai dengan mual, muntah, atau diare.

Rasa nyeri yang dialami juga dipengaruhi oleh lokasi di mana jaringan endometrium tersebut tumbuh. Pasalnya, jaringan tersebut dapat tumbuh di bagian organ berkemih, sehingga dapat menimbulkan masalah ketika buang air kecil. Kondisi ini juga dapat menyebabkan masalah pada usus, sehingga menimbulkan masalah saat buang air besar. Jika jaringan yang tumbuh pada indung telur (ovarium) atau tuba falopi, maka kondisi ini dapat menimbulkan masalah kesuburan.

Apakah Endometriosis Bisa Hilang?

Pada dasarnya, penyembuhan endometriosis tergantung pada tingkat keparahannya. Cara mengatasinya bisa dengan pemberian obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS), terapi hormon untuk menghentikan produksi hormon estrogen, maupun dengan prosedur operasi, seperti laparoskopi, laparotomi, dan histerektomi.

Baca Juga : 5 Makanan Ini Cocok untuk Pencegahan Endometriosis dan Fibroid

Endometriosisi yang tergolong parah dapat memengaruhi kualitas hidup seorang wanita dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Meskipun belum bisa disembuhkan secara keseluruhan, namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meringankan gejalanya. Diantaranya adalah :

  • Perhatikan makanan yang Anda konsumsi, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Perbanyak konsumsi sayuran hijau dan buah segar.
  • Olahraga secara teratur, pasalnya olahraga dapat membantu meringankan gejala endometriosis dan mencegah risiko terjadinya endometriosis.
  • Hindari stres, sebab stres dapat membuat gejala endometriosis terasa lebih berat.

Tahu Gak ?! Obat Ini Cegah Dampak Endometriosis