Penyakit Cacar Monyet dan Cara Mencegahnya

0
316

Seputarherbal.com – Apa itu cacar monyet? Penyakit cacar monyet saat ini sedang ramai diperbincangkan sejak secara resmi ditemukan di Singapura. Cacar monyet sendiri adalah suatu penyakit yang muncul akibat adanya infeksi yang disebabkan oleh virus cacar monyet. Virus tersebut dapat timbul baik pada hewan maupun manusia.

Berikut beberapa gejala yang akan dialami seseorang yang mengidap cacar monyet :

  • Demam
  • Sakit kepala hebat
  • Adanya pembesaran kelenjar getah bening (limfadenopati)
  • Nyeri Otot dan lemas
  • Nyeri Punggung
  • Timbul ruam di wajah, yang kemudian menyebar ke bagian lainnya
  • Ruam berkembang mulai dari bintik merah layaknya cacar, kemudian melepuh dengan berisikan cairan bening, melepuh dengan berisikan nanah, dan kemudian mengeras.

Penyakit cacar ini, belum pernah ditemukan di Indonesia. Menurut Dr. Adityo, penyakit cacar monyet ini bisa sembuh dengan sendirinya tanpa melakukan pengobatan. Namun perlu waktu yang lama agar pasien bisa sembuh dari penyakit ini, yakni sekitar 2 hingga 3 minggu. Selama itu, pengidap cacar monyet harus mendapatkan asupan cairan dan nutrisi yang cukup.

Selain itu, perlu Anda ketahui juga bahwa penyakit cacar monyet dapat dicegah dengan melakukan beberapa upaya. Upaya pencegahan tentunya lebih efektif dibandingkan dengan mengobati. Salah satu cara yang paling dasar dalam mencegah penyakit cacar monyet ini adalah, mencuci tangan dengan sabun setiap kali Anda akan memulai maupun mengakhiri aktivitas.

Beberapa upaya lain yang dapat Anda lakukan dalam mencegah cacar monyet. Di antaranya adalah :

  • Menghindari Kontak Fisik secara Langsung

Agar tidak tertular penyakit cacar monyet, Anda perlu menghindari kontak dengan hewan maupun material-material lainnya yangtelah terinfeksi virus cacar monyet. Selain itu, Anda juga perlu membatasi kontak langsung terhadap darah, maupun daging hewan yang tidak dimasak dengan baik.

  • Membatasi Kontak Fisik dengan Penderita Cacar Monyet

Cara melakukan pencegahan penyakit cacar monyet lainnya adalah, dengan membatasi kontak fisik terhadap orang yang terinfeksi virus cacar monyet atau bahan-bahan yang telah terkontaminasi penyakit tersebut.
  • Memakai Sarung Tangan

Jika Anda terlibat dalam menganangi hewan atau orang yang terinfeksi virus cacar monyet, sebaiknya Anda lindungi tangan Anda dengan sarung tangan, guna menghindari kontak langsung dengan hewan atau orang yang terinfeksi virus tersebut.

  • Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Pola hidup sehat adalah kunci utama agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk cacar monyet. Selain pola hidup sehat, Anda juga harus menjaga agar lingkungan sekitar Anda bersih, karena hidup sehat juga di dukung oleh lingkungan yang bersih.

Obat Cina Untuk Kista Terbaik & Teregistrasi BPOM