Anemia pada remaja

0
75
anemia pada remaja

Pengertian Remaja

seputarherbal.com pertama kita akan membahas tentang fase remaja. Pada fase ini kamu akan cenderung mengalami perubahan, contohnya seperti menstruasi pada wanita atau perubahan emosi. Fase ini adalah fase peralihan dimana proses dari anak-anak menjadi dewasa dengan rentang usia sekitar 10-19 tahun. Fase remaja dibagi menjadi tiga, yaitu remaja dini, remaja menengah, dan remaja lanjut. Pertumbuhan dan juga perkembangan remaja yang sangat pesat juga membutuhkan asupan makanan dan gizi seimbang, termasuk yang kaya zat besi. Kekurangan zat besi akan mempengaruhi remaja rentan terkena anemia.

Pengertian anemia

Pernahkah kamu sering merasa letih, lemah, lesu, dan lalai ? Itu merupakan gejala dari anemia. Anemia sendiri merupakan suatu kondisi tubuh pada saat kadar hemoglobin dalam darah lebih rendah dari standar atau patokan yang seharusnya. Hemoglobin sendiri adalah suatu zat di dalam sel darah merah yang dibentuk oleh protein dan zat besi. Hemoglobin juga berfungsi sebagai pengikat dan membawa oksigen dari paru ke seluruh jaringan tubuh, seperti otot dan juga otak.

Saat kamu sedang mengalami anemia, kamu akan merasakan letih, Lelah dan juga lesu yang membuat kamu sulit untuk berkonsentrasi dan kurang bugar. Ciri ini memang cukup mirip dengan kecapekan akibat aktivitas. Kamu bisa membedakannya dengan cara memeriksakan kadar hemoglobin dalam darah ke dokter.

Penyebab anemia

Kekurangan zat besi dalam darah merupakan faktor utama penyebab anemia, yang disebut juga dengan Anemia Defisiensi Besi. Ada tiga macam penyebab utama anemia defisiensi besi, yaitu:

  • Rendahnya asupan makanan yang kaya zat besi

Hal ini dapat kamu atasi dengan pola makan dengan gizi seimbang, terutama makanan yang kaya akan sumber zat besi dan juga protein. Kamu bisa mendapatkannya dari berbagai makanan contohnya seperti daging, ayam, ikan, dan hati.

  • Cacingan 

Cacingan juga dapat menyebabkan anemia karena cacing tambang yang dapat mengisap darah lewat usus kita.

  • Malaria

Penyakit malaria juga dapat menjadi penyebab pecahnya sel darah merah sehingga berisiko kekurangan sel darah merah dalam tubuh.

Remaja putri lebih berisiko terkena anemia dibandingkan remaja putra. Hal ini disebabkan karena remaja putri yang mengeluarkan darah pada setiap bulan yaitu saat menstruasi. Jika remaja putri tersebut kurang mengkonsumsi makanan bergizi  yang seimbang pada saat menstruasi, maka risiko menderita anemia dapat semakin besar.

Anemia pada remaja putri tentu harus dihindari. Apabila sudah terjadi maka harus cepat ditangani dengan seksama, karena dapat menurunkan focus juga konsentrasi belajar, membuat produktivitas menurun, atau lebih parahnya berisiko terkena penyakit infeksi. Tak hanya itu, remaja putri yang terkena anemia nantinya jberisiko menjadi ibu hamil yang menderita anemia.

Ibu hamil yang sedang anemia dapat mengalami pendarahan sebelum dan sesaat melahirkan, sehingga dapat mengancam keselamatan orangtua dan bayinya. Ibu hamil yang menderita anemia juga bisa melahirkan bayi dengan berat lahir yang rendah , bayi dapat lahir prematur, dan membuat bayi berisiko terkena anemia  usia sekitar 4-6 bulan.

Cara Mencegah Anemia

Menjaga asupan gizi dan protein agar seimbang

Faktor utama untuk hidup sehat dimulai dari asupan makanan yang bergizi. Makanan yang kaya akan zat besi dapat berfungsi untuk membentuk hemoglobin yang ada di dalam sel darah merah. Agar terhindar dari anemia, kamu sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, yaitu bahan makanan hewani seperti (ikan, daging, hati, unggas). Dan juga, sayuran seperti bayam, daun kelor, brokoli , daun katuk, kangkung, ataupun kacang-kacangan.

Mengatur pola hidup sehat dan bersih

Salah satu penyebab anemia adalah cacingan. cara mencegahnya yaitu kamu harus selalu memakai alas kaki dan juga menjaga kebersihan kuku. Hal ini sangat  penting dalam mencegah terkena cacing. Cacing tersebut dapat menyerap darah dalam saluran pencernaan kita.

https://lingshenyao.id/jual-obat-kanker-herbal-ling-shen-yao/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here