Titik Akupresur untuk Ibu Hamil

0
24

Seputarherbal.com – Akupresur untuk Ibu Hamil. Ibu hamil memang kerap mengalami stres dalam masa kehamilannya, terutama ketika sudah mendekati tanggal persalinan tetapi tak kunjung merasakan tanda-tanda akan segera melahirkan seperti kontraksi. Ada bebecara yang dapat Anda lakukan untuk memicu kontraksi dan mempercepat persalinan, yaitu dengan merangsang kontraksi rahim baik dengan cara memakan nanas atau berhubungan seksual. Selain itu, cara lain yang jarang diketahui untuk merangsang kontraksi rahim yaitu dengan teknik akupresur.

Akupresur adalah terapi yang dikembangkan sebagai aspek penting dalam sistem pengobatan Tiongkok. Pengobatan ini memang tidak seterkenal akupuntur. Namun, teknik akupresur sebenarnya tidak berbeda jauh dengan akupuntur, yaitu sama-sama memberi tekanan pada bagian tubuh tertentu guna mengurangi dan mencegah rasa sakit. Bedanya, teknik akupresur lebih menggunakan tekanan jari, tidak menggunakan jarum layaknya akupuntur dalam pengobatannya.

Akupresur dipercaya dapat membantu mengurangi rasa cemas dan sakit pada wanita yang hendak melahirkan. Hal tersebut disebabkan karena, akupresur dapat meningkatkan aliran darah sehingga dapat merangsang kontraksi rahim secara alami. Meskipun begitu, teknik akupresur tidak diperkenankan untuk Ibu hamil yang usia kandungannya belum mencapai 37 minggu. Hal ini bertujuan agar tidak mengganggu perkembangan bayi. Selain itu penting juga bagi Ibu hamil untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan terapi akupresur.

Baca Juga : Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Rahim

Titik Akupresur untuk Induksi Persalinan Alami

Berikut titik-titik akupresur sebagai induksi persalinan alami :

  • Titik Limpa 6 (Spleen 6 Point / SP6)

Titik limpa 6 atau SP6 merupakan titik akupresur di semua kondisi, termasuk untuk induksi persalinan. Akupresur pada titik ini, berguna untuk merangsang kontraksi rahim serta mengurangi rasa sakit selama berlangsungnya kontraksi. Titik SP6 ini juga dikeal dengan Sanyinjiao, yaitu persimpangan 3 yin yang terletak diatas pergelangan kaki bagian dalam, atau lebih tepatnya di belakang tulang kering. Para terapis biasanya melakukan teknik pemijatan pada titik ini selama 60 hingga 90 menit untuk merangsang kontrasi.

  • Titik Kandung Kemih 60 (Bladder 60 Point)

Titik kandung kemih (BL60) terletak diantara pergelangan kaki dan jaringan ikat yang menghubungkan otot betis yang terdapat di belakang tulang kaki ke tulang tumit Anda (Tendon Acilles). Titik ini juga disebut dengan Kunlun, yang mana bermanfaat untuk meringankan rasa sakit ketika menghadapi persalinan serta mengurangi penyumbatan atau hambatan yang terjadi dalam proses persalinan.

  • Titik Kandung Kemih 67 (Bladder 67 Point)

Titik kandung kemih (BL67) atau yang juga dikenal sebagai Zhiyin, dipercaya mampu mengubah letak posisi janin dan dapat merangsang kontraksi rahim. Letaknya di luar ujung jari kelingking, didekat tepi kuku kaki.

  • Titik Perikardium 8 (PC8)

Titik perikadium 8 atau yang dikenal juga dengan Laogong, terletak di pusat telapak tangan, gunanya adalah untuk menginduksi persalinan.

  • Titik Usus Besar 4 (LI4)

Titik usus besar 4 ini merupakan yang paling banyak digunakan dalam terapi akupresur. Titik ini juga dikenal sebagai Hoku. Letak titik ini berada pada sudut anyaman jempol dan jari telunjuk.

  • Titik Kandung Kemih 32 (Bladder 32 Point)

Titik kandung kemih 32 (BL32) juga dikenal sebagai Ciliao. Titik ini terletak pada punggung bawah antara lesung bokong Anda. Pijatan yang dilakukan di titik ini dapat  memicu kontraksi rahim dan membantu meringankan masalah pada sistem reproduksi wanita.

Obat Miom Alami: Mengenal Mioma Geburt