Aktivitas-Aktivitas Ini dapat Menyebabkan Keguguran

0
32

Seputarherbal.com – Kehamilan merupakan fase yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan yang sudah menikah, terutama untuk wanita. Oleh sebab itu, dalam masa kehamilannya, seorang Ibu hamil harus dengan senantiasa menjaga kandungannya agar janin yang berada di dalamnya tetap sehat. Ibu hamil harus menjaga kondisi tubuhnya dengan baik, karena terdapat dua individu yang harus dijaga. Tak jarang Ibu hamil diharuskan untuk tidak melakukan aktivitas terlalu berat yang dapat menyebabkan keguguran. Berikut ini aktivitas penyebab keguguran yang harus dihindari oleh Ibu hamil :

  • Mengangkat Beban Terlalu Berat

Demi menjaga keselamatan Ibu dan janin yang berada di kandungnannya, Ibu hamil sebaiknya menghindarkan diri dari pekerjaan yang mengahruskan Ia mengangkat beban yang terlalu berat, seperti mengangkat ember berisi air, galon, ataupun olahraga angkat beban. Hal tersebut dapat menyebabkan Ibu hamil mengalami plasenta previa hingga keguguran.

  • Olahraga Berisiko Tinggi

Olahraga memang penting dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Akan tetapi, selama masa kehamilannya Ibu hamil harus menghindari berbagai jenis olahraga yang dapat melukainya dan janin yang dikandung. Olahraga yang tidak boleh dilakukan antara lain adalah, sepak bola, basket, bulu tangkis, tenis, panjat tebing, angkat beban, berkuda, dan masih banyak lagi.

Olahraga berat, dapat menyebabkan risiko yang lebih besar pada janin, seperti terjadinya keguguran. Meskipun begitu, Ibu hamil tetap bisa melakukan olahraga ringan, seperti berenang, jalan kaki, atau senam Ibu hamil.

  • Memakai Sepatu Hak Tinggi

Ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan sepatu yang ber hak tinggi. Pasalnya, menggunakan sepatu hak tinggi saat hamil dikhawatirkan akan membuat Ibu hamil terjatuh, dan menyebabkan kondisi yang berbahaya, seperti cacat janin hingga keguguran. Selain itu, menggunakan sepatu hak tinggi juga dapat membuat kaki pegal dan terasa tidak nyaman.

  • Sering Mandi Air Hangat

Sebenarnya, mandi air hangat bukan merupakan suatu masalah yang serius untuk Ibu hamil. Akan tetapi, Ibu hamil harus memperhatikan juga suhu air hangat yang akan digunakan. Hal tersebut disebabkan karena, apabila suhu air terlalu tinggi, maka akan membahayakan kondisi janin. Suhu air yang terlalu tinggi dapat menyebabkan janin cacat lahir.

  • Stres

Stres dapat memicu berbagai macam masalah, salah satunya adalah dapat menyebabkan keguguran. Stres saat hamil dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormonal yang akan berdampak pada kondisi janin. Stres terkadang bisa datang ketika Ibu hamil kelelahan akibat aktivitas yang Ia lakukan. Oleh sebab itu, para Ibu hamil sebaiknya mencegah terjadinya stres dan mengetahui cara untuk mengatasinya.

Baca Juga : Tips Menghilangkan Stres yang Berlebihan

Endometriosis: Penyebab, Gejala dan Obat Alami