Akibat Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Manis

0
19

Seputarherbal.com – Makanan manis memang sangat menggiurkan dan nikmat untuk dikonsumsi. Namun tahukah Anda akibat terlalu banyak mengonsumsi gula? Makanan manis seperti cokelat, donat, es krim, puding dan juga minuman manis memang disukai oleh banyak orang, lantaran nikmat untuk dikonsumsi. Makanan dan minuman manis tersebut tentunya mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga pada akhirnya gula masuk kedalamtubuh Anda dalam jumlah yang banyak. Padahal, Organisasi kesehatan dunia (WHO) menganjurkan untuk mengurangi asupan gula, yakni kurang dari 10 persen perharinya atau bahkan kurang dari 5 persen akan lebih baik.

Batas asupan gula untuk orang dewasa yang disarankan adalah 50 gram atau setara dengan 12 sendok teh gula per hari. Sedangkan untuk anak-anak, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi gula lebih dari 6 sendok teh per hari.

Meskipun gula dapat memberikan energi lebih untuk tubuh Anda, namun Anda harus tetap membatasi asupan gula di dalam tubuh. Hal tersebut disebabkan karena, kelebihan aspuan gula di dalam tubuh akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan Anda. Berikut ini beberapa dampak yang dapat terjadi akibat dari konsumsi gula berlebih :

  • Lemak Menumpuk di Perut

Anda pastinya tidak ingin apabila lingkar pinggang Anda semakin besar. Timbulnya lemak pada lingkar pinggang dapat disebabkan oleh konsumsi gula atau makanan manis secara berlebih. Tak hanya itu, mengonsumsi terlalu banyak gula juga dapat menyebabkan terjadinya obesitas atau berat badan berlebih.

  • Resistensi Hormon Insulin

Semakin banyak gula yang masuk kedalam tubuh Anda, maka semakin banyak pula produksi hormon insulin dalam tubuh Anda. Hormon insulin merupakan hormon yang berperan dalam membantu mengubah makanan menjadi energi. Akan tetapi, jika kadar insulin tubuh dan kadar gula meningkat, maka akan menyebabkan sensitivitas produksi hormon berkurang, sehingga glukosa menumpuk dalam darah. Kondisi tersebut juga dapat disebut dengan resistensi insulin. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes.

Baca Juga : Gula Darah Tinggi Akibat Penyakit Diabetes Hilang dengan Ini

  • Karies Gigi

Karies gigi merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat bakteri yang hidup di mulut mencerna sisa karbohidrat dari sisa makanan yang Anda konsumsi, termasuk makanan yang mengandung banyak gula. Bakteri tersebut akan membusuk kemudian memproduksi asam yang dapat merusak lapisan gigi Anda, yakni enamel/dentin gigi.

  • Penyakit Jantung

Mengonsumsi makanan dan minuman manis terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah dan merangsang organ hati untuk membuang lemak ke aliran darah. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko timbulnya penyakit jantung.

Obat Herbal Ampuh Sembuhkan 4 Ciri Kanker Payudara