Ini Dia Akibat Jika Makan tidak Teratur

0
83

Seputarherbal.com – Apakah Anda sarapan dengan teratur? Atau malah sering melewatkannya? Bagaimanan dengan Makan siang dan makan malam? Jika Anda selalu melewatkan jam makan Anda, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut mulai sekarang. Akibat pola makan yang buruk tentunya akan buruk juga terhadap kesehatan. Mengapa bisa begitu?

Pada dasarnya, tubuh memiliki jam tubuh internal atau “ritme sikardian” yang jarang Anda sadari, yang merypakan proses biologis yang berulang setiap 24 jam. Hal tersebutlah yang mengatur pola makan, pola tidur, produksi hormon, suhu tubuh, produksi urin, level glukosa dan insulin, regenerasi sel, dan aktivitas biologis lainnya.

Maka dari itu, penting untuk Anda mengatur pola istirahat dan pola makan dengan baik agar tubuh tetap sehat dan bugar. Berikut akibat dari pola makan buruk yang perlu Anda ketahui :

Baca Juga : Lakukan pola hidup yang sehat, agar tidak terkena alzheimer di usia muda

  • Terjadi Perubahan Hormon

Pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan ketidak seimbangan hormon di dalam tubuh Anda. Hal tersebut terjadi karena, ketika Anda melewatkan sarapan, makan siang, atau makan malam, hormon koristol akan meningkat, sehingga dapat berpengaruh terhadap kenaikan berat badan.

  • Kenaikan Berat Badan

Pola makan yang tidak teratur juga bisa jadi penyebab terjadinya berat badan berlebih (obesitas). Obesitas adalah suatu kondisi dimana lemak yang sangat tinggi menumpuk dalam tubuh, sehingga membuat berat badan berada di luar batas ideal. Hal tersebut disebabkan karena, jam ritme sikardian pada seseorang mengatur sinyal lapar dan kenyang yang dapat menjaga berat badan Anda. Akan tetapi, pola makan yang tidak teratur dapat membuat jam biologis tersebut terganggu, sehingga tidak berfungsi dengan baik.

  • Terjadi Masalah Pencernaan

Pola makan yang tidak teratur dapat menurunkan energi yang Anda gunakan untuk mencerna dan menyerap makanan (efek termal). Jika hal tersebut terjadi, maka risiko timbulnya gangguan pencernaan menjadi ebih besar. Hal tersebut disebabkan karena, pada dasarnya sistem pencernaan merupakan “mesin” pengolahan makanan yang terus-menerus digunakan. Maka dari itu sistem pencernaan memerlukan suplai makanan secara teratur.

  • Kadar Gula Darah Meningkat

Membiasakan pola makan yang tidak teratur juga dapat menyebabkan meningkatnya kadar glukosa di dalam darah. Hal tersebut disebabkan karena, pola makan yang tidak teratur dapat menyebabkan resistensi insulin pada tubuh, serta meningkatkan kadar lemak saat puasa. Kedua hal tersebut merupakan faktor-faktor risiko yang menyebabkan terjadinya penyakit kardiovaskular.

Obat Tradisional 8 Makanan Pencegah Kanker Serviks