Cara Mengatasi Sakit Perut Akibat Menahan Kentut

0
28

Seputarherbal.com – Tidak ada satupun manusia di dunia ini yang tidak pernah kentut (flatulensi). Kentut tentunya merupakan reaksi tubuh yang normal. Akan tetapi, ketikia Anda berada di tempat yang ramai, pastinya Anda akan merasa malu jika buang angin disana lantaran takut baunya menganggu. Maka dari itu, tak jarang hal tersebut membuat seseorang mau tak mau harus menahan kentut. Namun tahukah Anda bahwa menahan kentut bisa menimbulkan efek samping seperti sakit perut? Dalam artikel ini kita akan membahas cara mengatasi sakit perut akibat menahan kentut.

Menahan kentut sebenarnya tidak berbahaya untuk Anda, akan tetapi hal tersebut dapat menyebabkan perut Anda kembung dan begah sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Hal tersebut disebabkan karena, ketika Anda menahan kentut, maka udara akan menumpuk di saluran pencernaan sehingga udara terdorong keatas. Selain itu, efek samping menahan kentut memang tidak melukai Anda secara langsung, melainkan usus Anda akan menggelembung karena adanya penyumbatan gas . Jika dinding usus Anda memiliki kelemahan, maka bisa menyebabkan gelembung tersebut meledak. Kondisi tersebut bisa disebut juga divertikula. Bahayanya lagi, apabila kantung-kantung tersebut terinfeksi sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri dan dapat membahayakan nyawa. Meskipun kasus tersebut jarang terjadi, namun ada baiknya Anda menghindari risiko tersebut dengan tidak menahan kentut.

Baca Juga : Fungsi Kentut untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini cara mengatasi sakit perut atau perut kembung akibat menahan kentut :

  • Biarkan gas Didalam Perut Keluar

Sakit perut atau perut kembung dapat diakibatkan oleh gas yang terperangkap didalam usus. Biasanya, seseorang akan mengeluarkan gas dari dalam tubuh sebanyak 13 hingga 21 kali dalam sehari. Kebanyakan orang akan malu jika harus mengeluarkan gas didalam perut di tempat umum. Padahal hal tersebut sangat berbahaya dan dapat menyebabkan sakit perut, kembung dan kram. Maka dari itu, Anda perlu mengeluarkan semua gas yang ada didalam perut Anda. Jika gas tidak dapat keluar dengan mudah, Anda bisa memancingnya dengan menekan-nekan perut Anda sampai gas tersebut keluar.

  • Buang Air Besar

Buang air besar akan memicu pergerakan pada usus, sehingga gas disalam perut pun akan ikut keluar keluar ketika Anda buang air besar dan menyebabkan perut Anda terasa lebih lega.

  • Makan Secara Perlahan

Makan terlalu cepat dapat menyebabkan banyaknya udara yang masuk kedalam tubuh, yang menyebabkan perut kembung dan terasa tidak nyaman. Maka dari itu, untuk mencegah kesulitan buang angin dan mengatasi gangguan pencernaan yang terjadi, sebaiknya Anda memakan makanan Anda secara perlahan dengan menggigit 30 kali di setiap makanan yang masuk.

Obat Kanker Rahim: Bagaimana Khasiat Obat Herbal Ini?