Home Makanan 4 Manfaat Terong Hijau untuk Kesehatan Tubuh

4 Manfaat Terong Hijau untuk Kesehatan Tubuh

0
20

Seputarherbal.com – Manfaat Terong Hijau. Terong tentunya tidak asing di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, selama ini masih ada yang keliru dengan menganggap bahwa terong termasuk dalam kategori sayuran. Nyatanya, bahan yang kerap diolah menjadi berbagai menu makanan ini merupakan jenis buah-buahan karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung biji.

Terong sendiri memiliki berbagai bentuk (bulat dan lonjong) dan warna, mulai dari kuning, ungu dan hijau. Berbagai macam terong, khususnya terong hijau, sangat mudah ditemui di pasaran dengan harga yang sangat terjangkau. Meskipun begitu, terong hijau juga memiliki sejumlah manfaat baik bagi kesehatan. Lantas apa saja manfaat terong hijau untuk kesehatan? Simak ulasan di bawah ini.

Sebelum membahas manfaat dari terong, ada baiknya jika Anda mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Terong memiliki kandungan vitamin K, kalsium, kalium, bioflavonoid, dan kaya akan serat. Kandungan tersebut merupakan beberapa koponen yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini manfaat terong untuk kesehatan :

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Dalam 100 gram terong terdapat kandungan kalium yang cukup tinggi, yakni sekitar 217 mg. Kandungan kalium yang cukup tinggi tersebut dapat membantu mencegah terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Selain itu, terong juga mengandung mineral potasium yang juga bermanfaat dalam mengendalikan tekanan darah, sehingga dapat membantu mengurangi risiko hipertensi.

Baca Juga : Ternyata Tomat Bisa Meningkatkan Kesuburan Pada Pria

  • Baik untuk Pencernaan dan Sistem Metabolisme

Selain kalium, terong juga diperkaya dengan kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Selain itu, terong juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Pasalnya, terong diperkaya akan kandungan mineral mangan yang dapat membantu proses perubahan protein dan lemak dari makanan yang dicerna menjadi energi. Hal ini tentunya dapat menurunkan risiko penimbunan lemak di dalam tubuh.

Selain itu,terong juga mengandung vitamin C yang bermanfaat dapam meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Maka dari itu,mengonsumsi terong sangat baik untuk kesehatan tubuh.

  • Mencegah Kanker

Terong merupakan salah satu jenis buah yang dapat mencegah risiko kanker. Hal ini disebabkan karena kandungan inhibitor yang dimilikinya. Terong juga memiliki kandungan antioksidan berupa asam klorogenat yang dapat membantu tubuh dalam mencegah kerusakan dan mutasi sel akibat paparan zat radikal bebas. Mutasi sel sendiri merupakan penyebab timbulnya kanker.

  • Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Kandungan serat, antioksidan, dan beta karoten yang dimiliki terong dapat membantu mencegah terjadinya serangan jantung apabila dikonsumsi secara rutin.

Bebas Kista TANPA OPERASI | OBAT HERBAL